Giliran Malaysia Datangkan Pelatih Asal Korsel


 Kim Pan-gon 


MALAYSIA-Pelatih asal Korea Selatan jadi magnet tim Asia Tenggara. Sebelumnya, Vietnam dan Indonesia telah menggunakan jasa pelatih asal Negeri Ginseng itu. Kini, giliran Malaysia.


Timnas Malaysia menunjuk Kim Pan-gon sebagai pelatih. Pria Korea Selatan itu pernah mendepak Shin Tae-yong dari kursi pelatih Taeguk Warriors.

Pengumuman pengangkatan Kim Pan-gon disampaikan Federasi Sepakbola Malaysia (FAM), Jumat (21/1/2022). Juru taktik 52 tahun itu ditunjuk menggantikan Tan Cheng Hoe yang mundur usai Piala AFF 2020.

Pan-gon sebelumnya menjabat Kepala Komite Pemilihan Pelatih Asosiasi Sepakbola Korea Selatan (KFA) sejak 2017. Eks pemain Ulsan Hyundai ini juga pernah membesut Timnas Hongkong pada 2012-2017.

Media Korea Selatan Chosun, melaporken, Pan-gon menorehkan berbagai prestasi untuk timnas senior dan U-23 saat menjabat di KFA. Dia dianggap sebagai juru penyelamat Korea Selatan dari krisis usai kegagalan di Piala Dunia 2018.

Kim Pan-gon memutuskan mengganti pelatih Korea Selatan saat itu, Shin Tae-yong, dengan Paulo Bento. Shin Tae-yong kemudian menerima tawaran melatih Timnas Indonesia pada 2019.

Pan-gon sempat mengutarakan pandangan ketika dirinya ikut bertanggung jawab mendepak Shin Tae-yong dari tim nasional Korea Selatan. Dia menyebut keputusan itu adalah yang terbaik buat Taeguk Warriors.

Di satu sisi, Pan-gon mengakui pencapaian Shin Tae-yong yang mampu membawa Korea Selatan mengalahkan Jerman 2-0 di Piala Dunia 2018. Dia juga memuji pelatih 51 tahun itu sebagai pemimpin jempolan.

"Saya lebih suka membela Shin Tae-yong. Saya tidak mendapatkan dukungan apa pun, tetapi saya melakukan yang terbaik," kata Kim Pan-gon yang dikutip dari detikcom.

"Sementara itu, keberhasilan mengalahkan Jerman harus sangat dievaluasi. Dia adalah pemimpin yang bisa melakukan hal-hal besar di masa depan," ujarnya mengenai Shin Tae-Yong. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama