Keluarga Besar IWS Buka Puasa Bersama di Kota Solok

 Wali Kota Solok beri sambutan saat hadiri buka puasa bersama Keluarga Besar IWS. (ist)


KOTA SOLOK-Keluarga Besar Ikatan Warga Saniangbaka (IWS) adakan latur (buka puasa bersama) yang dihadiri Wali Kota  Zul Elfian Umar di sebuah rumah warga, Jalan By Pass Kota Solok, Senin (10/4/2023).


Latur merupakan tradisi buka puasa bersama warga Nagari Saniangbaka yang sengaja dicari waktu 10 hari terakhir Ramadan dengan harapan bisa bertepatan dengan malam lailatul qadar yang merupakan asal mula nama atur, diambil dari kata lailatul.

Kegiatan diawali dengan potong sapi yang kemudian dimasak dalam kancah (kuali besar) bersama cubadak (nangka) dan rebung yang nantinya disebut gulai cubadak.

Kegiatan ini rutin dilakukan masyarakat Nagari Saniangbaka. Hal yang menjadi khas dalam tradisi ini adalah makan bersama dalam dulang atau piring besar. 

Dulang tersebut diisi nasi putih dan gulai cubadak kemudian dimakan oleh tiga sampai sampai orang dalam satu dulang. Yang ikut latur juga tidak dibatasi orangnya, namun mayoritas adalah kaum laki-laki.

Walikota Zul Elfian Umar mengatakan terimakasih dan apresiasi kepada tuan rumah dan para donatur yang telah melaksanakan kegiatan latur kali ini.

Dikatakan wali kota, semoga kegiatan ini akan semakin mempererat silaturrahim serta hubungan baik antara seluruh warga Ikatan Warga Saniangbaka (IWS) di manapun berada, khususnya yang ikut hadir pada kesempatan tersebut serta meningkatkan silaturahim dengan semua warga Kota Solok. (SIS)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama