Kunjungi Nagari Saribu Rumah Gadang, Ini Kesan Ustaz Abdul Somad

 Ustaz Abdul Somad kunjungi kawasan nagari saribu rumah gadang di Solok Selatan



SOLOK SELATAN-Ustaz Abdul Somad (UAS) kunjungi Kabupaten Solok Selatan. UAS bersama rombongan sambangi objek wisata Kawasan Saribu Rumah Gadang di Nagari Koto Baru, Sabtu (16/12/2023).


UAS bersama rombongannya seketika terpukau melihat kawasan saribu rumah gadang yang seperti kembali ke lorong waktu Minangkabau. Masyarakat setempat menyambut UAS dan rombongan dengan suka cita.

Selain melihat keindahan perkampungan adat, UAS juga dijamudi pada salah satu rumah gadang di Rumah Gadang Gajah Maram Suku Malayu. "Sebuah kampung bersejarah dan indah," kata UAS.

Rumah gadang ini juga menjadi saksi perjalanan masyarakat Minangkabau dari waktu ke waktu. Rumah gadang ini telah berdiri sejak 1794 yang dipimpin oleh Rapun Datuak Lelo Panjang.

Rumah Gadang Gajah Maram ini terdapat dua pintu masuk dan terdiri dari sembilan ruang dan memiliki dua anjuang. Bangunan lama yang masih kokoh itu menjadikan rumah gadang begitu khas seolah menggambarkan identitas yang kuat sebagai perkampungan adat.

Kunjungan UAS ke Solok Selatan dalam rangka tabliq akbar memeriahkan pelaksanaan MTQN ke-40 tingkat Sumatra Barat dan menyambut Hari Jadi Kabupaten Solok Selatan ke-20  yang jatuh pada 7 Januari 2024. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama