Lomba Ayam Kukuak Balenggek Meriahkan Hadi Jadi Kota Solok

Lomba ayam kukuah balenggek di di Taman Pramuka Objek Wisata Pulau Belibis, Kota Solok.



KOTA SOLOK-Ribuan ayam unjuk kebolehan dalam lomba ayam kukuak balenggek di Pulau Belibis, Kota Solok, Minggu (10/12/2023).


Lomba diadakan dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Solok yang ke-53. Lomba diadakan guna melestarikan plasma nutfah lokal asli Solok. Lomba  diikuti ratusan peserta yang berdatangan dari luar Solok. Lomba dibuka Wali Kota Zul Elfian Umar di Taman Pramuka Objek Wisata Pulau Belibis.

Wali Kota Zul Elfian mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada peserta pencinta ayam kukuak balenggek yang hadir memeriahkan lomba dimaksud. 

"Mari jadikan perlombaan ini tidak semata mencari kemenangan, namun sebuah kebanggaan dan menjalin silaturahim sesama insan yang melestarikan ayam kukuak balenggek," kata dia.

 Dikatakan wali kota, harus diakui hadiah tidak seberapa, bahkan tidak seimbang dengan biaya operasional yang dikeluarkan peserta, namun di balik semua itu, ada kepuasan batin dalam memelihara dan merawat ayam tersebut. "Kukuak balenggek tujuah yang menjadi primadona dan enak didengar," kata Zul Elfian.

Dengan banyaknya peserta, tahun depan, pemko berencana melaksanakan lomba ini minimal dua kali dalam setahun. 

"Selamat berlomba, semoga mendapatkan hasil yang terbaik. Kepada panitia dan juri agar menilai dengan baik, yang juara agar diberikan juara dan yang belum juara agar mengulang serta mencoba lagi di even berikutnya," kata wali kota.

Lomba ayam kukuak balenggek memperlombakan dua seri, landik dan boko. (SIS)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama