Pemko Bukittinggi Puji Peran Duta Generasi Berencana

Foto bersama usai pengumuman duta genre

BUKITTINGGI-Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Bukittinggi akui Duta Generasi Berencana (Duta GenRe)  mampu mencegah sejumlah persoalan yang dihadapi pemerintah, baik di daerah hingga nasional serupa  pernikahan dini, seks bebas, penyalahgunaan dan peredaran narkotika, kemudian sejak pencanangan Hari Keluarga Nasional (Harganas)  tahun 2023 lalu  terdapat penambahan materi yang menjadi muatan dalam program GenRe.


Hal demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Bukittinggi Nauli Handayani, Sabtu (2/3/2024).  Pihaknya menerima  penekanan dari pemerintah pusat disaat Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun lalu  bahwa materi pencegahan terorisme  menjadi bagian  dari program Generasi Berencana (GenRe) sehingga para duta GenRe ikut mensosialisasikannya.

Dikatakan,  persoalan stunting yang bukan semata  menjadi permasalahan nasional tetapi dihadapi di daerah sehingga upaya penanganan dan pencegahannya  dapat diwujudkan dengan peran aktif para remaja yang tergabung dalam program Generasi Berencana (GenRe). 

“Pada Harganas tahun lalu juga sudah ada materi pencegahan terorisme,”ujarnya

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Bukittinggi Nauli Handayani menyebutkan pihaknya tidak ingin para remaja yang bergabung di Duta GenRe  ini bukan  menjadi simbol pemilihan  saja  melainkan mampu membantu pemerintah  menjawab permasalahan yang ada.

Disebutkan, duta GenRe ini mampu menjadi tutor sebaya untuk menyampaikan materi  Generasi Berencana (GenRe), mereka dapat berinteraksi dengan masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya untuk melakukan hal yang sama.

“Kita ingin Duta GenRe itu mampu melakukan pencegahan lebih dini di kalangan remaja terhadap permasalahan yang dihadapi   serupa pernikahan dini, seks bebas, penyalahgunaan narkoba, terorisme, sekarang yang dihadapi bagaimana pencegahan dan penanganan stunting,”jelasnya

Diketahui, saat ini masih berlangsung tahapan Pemilihan Duta Generasi Berencana (Duta GenRe) tahun 2024  tingkat Kota Bukittinggi.  Setelah dilaksanakannya tes tertulis, tes psikologi dan tes wawancara  maka ditetapkan 20 finalis  yang akan  berkompetisi untuk menjadi pemenang.

Adapun nama-nama ke-20  finalis itu dengan nomor lot pesertanya adalah  (61) Ara Rahmatul Fadhila, (60) Asriyah, (18) Syaqina Adisti Khalfi, (23) Lailatul Rahmi, (06) Ajeng Rahayu, (04) Maria Traysha Lukyta, (49) Alfa Najwa Angellina, (36) Nadira  Cantika Putri, (17) Syifa Cinta Lestari,(63) Tania Aulia Divan, (16) Oktaviani Amanda Fitri, (44) Raysha Fadhila  K, (45) Zaky Zhafran Pane , (32) Julian Felipe, (47) Muhammad Kindi Fathullah, (35) Nabil Putra Ramadha, (37) Andhika Reski  P, (57) Raffel Aditiya,  dan  (01) M. Reva Aditiya. (LK/IKP)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama