Mau Bikin Indomaret, Ini Syarat yang Harus Disiapkan

Salah satu gerai Indomaret. (kompas.com)

JAKARTA-Bagi yang ingin usaha sendiri dengan konsep waralaba, Indomaret bisa jadi pilihan. Waralaba itu ada hampir di semua kota di Indonesia, kecuali Sumatera Barat.



Syarat buka gerai Indomaret


Warga negara Indonesia

Menyediakan lokasi tempat usaha di area komersial dengan luas ideal 120-200 meter persegi

Memiliki kelengkapan izin usaha minimarket : IMB/PBG, NPWP, PKP, izin lingkungan, domisili (apabila diperlukan), NIB, STPW dan izin lainnya sesuai ketentuan perizinan yang berlaku

Menyediakan dana investasi

Memiliki jiwa entrepreneur dan fokus pada sistem waralaba Indomaret


Tahapan Kerja Sama

Presentasi pertama

Supaya presentasi berjalan lebih efektif dan bisa langsung ditindak- lanjuti, bagi terwaralaba yang sudah memiliki usulan lokasi tempat usaha sebaiknya membawa fotocopy dokumen pendukung, seperti : Sertifikat Bangunan, IMB, KTP, KK, dan (jika sudah ada) SIUP, TDP, NPWP, PKP, serta denah lokasi. Pada presentasi pertama ini akan dijelaskan dengan detil mekanisme kerjasama, besarnya investasi, keuntungan per bulan dan sistem operasional toko.


Presentasi kedua

Pada presentasi kedua akan dipaparkan hasil survey kelayakan dan rencana anggaran belanja (RAB) yang mengarah pada besarnya nilai investasi. Biasanya pada presentasi kedua ini dilanjutkan dengan penandatanganan MoU (nota kesepakatan) yang mencakup butir-butir pembagian tugas antara pihak Indomaret dengan terwaralaba dalam mempersiapkan pembukaan toko, renovasi bangunan, pembelian peralatan toko, seleksi dan training karyawan, serta termin pembayaran.


Pembukaan Toko

Setelah semua item kesepakatan direalisasikan, maka toko siap dibuka dengan program promosi yang ditetapkan Indomaret. Segera sebelum toko buka, akan ditandatangani Surat Perjanjian Waralaba untuk jangka waktu lima tahun.

Adapun rincian estimasi investasi yang diperlukan adalah sebagai berikut:

Franchise fee untuk 5 tahun Rp 36 juta

Promosi dan persiapan pembukaan toko Rp 9,5 juta

Renovasi dan tambah daya listrik Rp 221,5 juta (estimasi renovasi dan tambah daya listrik)

Peralatan elektronik dan non-elektronik Rp 227 juta

Total investasi Rp494 juta.

Jika ditotal, maka investasi yang dibutuhkan untuk buka gerai Indomaret dengan sistem waralaba sebesar Rp394 juta. Namun, perlu diingat bahwa biaya tersebut dapat berbeda tergantung pada kondisi bentuk bangunan dan tipe toko.

Untuk informasi lebih lanjut atau ingin melakukan pendaftaran, kamu dapat mengunjungi situs resmi perusahaan di indomaret.co.id. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama